Dampak Vaksin Covid-19 terhadap Imunitas Tubuh

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sudah lebih dari setahun virus Covid-19 seolah menjadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Kata-kata pandemi bahkan rasanya sudah bukan lagi menjadi momok dan mirisnya sebagian masyarakat masih meyakini bahwa pandemi kali ini adalah hoax.

Informasi tips hidup sehat hingga alternatif obat herbal untuk menyembuhkan Covid-19 banyak sekali berkembang di masyarakat, yang entah kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan atau tidak. Setiap orang dibuat bingung dengan kehadiran virus mematikan ini. Banyak industri mengalami kerugian besar-besaran, jumlah pengangguran yang meningkat di setiap harinya, belum lagi angka korban Covid-19 yang tak kunjung menurun. Hal ini menambah stres dan beban pikiran yang justru malah menurunkan imunitas tubuh sehingga rawan terjangkit Covid-19.

Namun, di tengah banyaknya keputusasaan yang dialami masyarakat, sudah selayaknyalah kita memberikan apresiasi setinggi-tingginya pada tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan kita dalam melawan virus yang telah merenggut jutaan jiwa di seluruh dunia. Seluruh tenaga dan pikiran mereka fokuskan untuk berinovasi agar mampu menekan angka korban Covid-19 dan menghasilkan solusi yang dapat mengakhiri pandemi ini.

Di akhir tahun 2020 hingga 2021, proses pembuatan dan percobaan vaksin yang dilakukan di berbagai belahan dunia mulai menampakkan hasilnya, hingga akhirnya beragam jenis vaksin bermunculan di masyarakat. Namun, tak sedikit masyarakat yang masih bingung dan perlu banyak informasi terkait pentingnya vaksinasi. Karena banyak berita yang beredar menyatakan bahwa efek samping vaksin bisa menyebabkan sakit parah hingga berujung kematian.

Merespon banyaknya pemberitaan yang simpang siur dan perlunya masyarakat untuk mendapatkan edukasi terkait pentingnya vaksin dan dampaknya terhadap imunitas tubuh, Wiksadipa mengundang pakar imunologi, Prof. Dr. Theresia Indah Budhy S, drg., M.Kes., Akp., D. CIBTAG dalam sebuah talkshow untuk menjawab pertanyaan yang hari-hari ini santer beredar di khalayak publik. Mulai dari pentingnya vaksinasi, reaksi tubuh pasca disuntik vaksin, efek samping yang akan dirasakan, dan lain sebagainya.

Semoga talkshow ini dapat memberi pencerahan dan kebermanfaatan bagi kita semua, khususnya terkait isu seputar vaksin Covid-19. Tetap jaga kesehatan dan tingkatkan imunitas tubuh.