Metamorfosa Media

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Metamorfosa adalah sebuah keniscayaan yang pasti dilalui setiap yang ada dalam kehidupan. Perubahan adalah sesuatu yang mutlak, termasuk diantaranya adalah media. Seiring berkembangnya teknologi, media komunikasi juga mengalami perubahan yang cukup signifikan dari masa ke masa, terutama pada dekade terakhir ini di mana digitalisasi mulai mendominasi seluruh aktivitas kehidupan kita sehari-hari.

Globalisasi juga menjadikan dunia yang semakin borderless, di mana seolah tidak ada lagi jarak antara satu benua dengan benua lainnya. Setiap orang dengan begitu mudahnya dapat mengakses informasi yang berasal dari belahan dunia lain dengan instan. Kemudahan akses teknologi, informasi, dan komunikasi ini semula tampak seperti mata air pengetahuan yang sebelumnya begitu sulit didapatkan. Namun, dilema digitalisasi ini muncul ketika semakin banyaknya informasi dan konten visual yang tidak secara konsisten membersamai proses metamorfosa di dunia media digital menuju tatanan masyarakat yang lebih baik.

Di tengah banjirnya informasi dan konten visual yang tersebar di masyarakat, para content creator dan penulis/jurnalis berusaha memenangkan ketertarikan setiap viewer. Kualitas konten tidak lagi menjadi fokus utama, ketika tolak ukur kesuksesan hanya didasarkan pada angka like, share, comment, dan subscribe. Mengedukasi masyarakat kini bukan lagi menjadi visi dan misi utama dari kebanyakan mereka yang bergerak di industri media digital. Menjadi miris kemudian, jika banyak dari generasi penerus kita mengidolakan para influencers yang lebih mendewakan jumlah subscribers daripada kualitas kontennya. Kita akan mengalami krisis generasi penerus yang berkualitas! Minim edukasi dan hanya ketenaran saja yang dicari.

Urgensi inilah yang kemudian menginspirasi Wiksadipa untuk menggugah kesadaran masyarakat dan melakukan Metamorfosa Media. Setiap zaman memiliki tantangannya masing-masing, di era digital ini maka perjuangan kita adalah untuk tidak tenggalam dalam disrupsi dan bangkit untuk menjadi yang menginspirasi. Wiksadipa lahir dengan konsep new media yang tetap mengutamakan kemerdekaan berpendapat di dunia digital, namun tetap mendasarkannya pada ilmu pengetahuan.

Metamorfosa adalah tanggungjawab kita bersama sebagai manusia digital yang sadar betul pentingnya sebuah perubahan yang berarti dan perlunya membersamai masyarakat untuk menuju ke arah yang lebih baik. Mari bersama kita ciptakan communal movement, berkolaborasi dengan seluas-luasnya eleman masyarakat untuk menciptakan new media yang membawa manfaat untuk generasi masa depan.